Rabu, 23 Januari 2013

APA YG HRS DILAKUKAN PD USIA 40 TAHUN?


Para mufasir ketika membahas ayat Qs 46:15 ’hatta idza balagho asyuddahu wa balagho arba’iina sanah’ (hingga apabila dia telah dewasa dan mencapai usia 4o tahun), usia kedewasaan itu berkisar antara 30 hingga 40 th & usia 40 th adalah puncak kematangan & kearifan. Pada fase ini, semua potensi & kemauan telah sempurna & manusia siap merenung utk berpikir dg tenang. Pd usia ini fitrah yg lurus & bersih berorientasi kpd hal-hal di balik kehidupan & sesudah kehidupan, banyak merenung ttg kematian.

Imam Ghazali dlm Ihya' berkata, “..usia 40 th adalah sebuah isyarat. Spt sebuah ikhtisar masa depan. Jika di usia itu kebaikan lebih mendominasi, maka itu sebuah pertanda baik utk kehidupannya nanti..”

1. MEMPERBANYAK DOA
Imam Al Qurthubi menjelaskan, ”Allah menyebutkan bhw org yg berusia 40 th maka telah tiba saatnya utk mengetahui nikmat Allah yg ada padanya & kpd kedua orangtuanya serta mensyukurinya.”

2. SELALU WASPADA
Ibnu Katsir meriwayatkan bhw ketika Imam Masruq ditanya,”Kapan seseorang diadzab krn dosa2 yg dilakukannya?” Beliau menjawab, ”Jika engkau telah mencapai usia 40 tahun maka hendaklah engkau selalu waspada”.

Imam Syafi'i saat umur 40 thn berjalan dg sebatang tongkat kayu. Ketika ditanya sebabnya, beliau berkata,"Supaya aku senantiasa ingat bhw aku adalah seorg musafir yg sdg berjalan menuju akhirat." 

3. MEMPERSIAPKAN KEMATIAN
Imam Malik berkata, ”Aku mendapatkan para ahli ilmu di negeri kami, mereka mencari dunia & berbaur dg manusia, namun ketika di antara mereka sdh mencapai usia 40 th maka mereka akan memisahkan diri dari org banyak & menyibukkan diri dg persiapan utk hari kiamat hingga ajal menjemput mereka”.

4. SELALU BERSYUKUR
Az Zajjaj berpendapat,"maksud 46:15..halangilah aku dr segala sesuatu, kecuali dr bersyukur thd segala nikmatMu”.

5. MEMPERBANYAK TAUBAT
Ibnu Katsir menjelaskan makna 46:15,"...bimbingan bagi org yg telah berusia 40 th agar ia memperbarui taubatnya & kembali kpd Allah serta bertekad utk itu semua.”




1 komentar:

Setuju USTAZD MUST JOKO..........................sangat penting untuk koreksi ,sangat bersyukur bisa menikmati kebahagiaan di usia 40 walaupun sejatinya hampir tidak ada kebahagiaan yang sempurna di dunia, tapi begitu nikmat yang ALLAH berikan , disetiap deras kebahagiaan terselip arus-arus ujian, cobaan yang harus di lalui dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
Terima kasih sudah mengingatkan akan pentingnya memaknai arti hidup......