RUANG IKLAN

SILAKAN BERIKLAN DI BLOG SAYA.

Ruang Iklan

Space ini bisa Anda gunakan untuk mengiklankan produk Anda

BUKU KOMPUTER AKUNTASNSI ACCURATE ONLINE

SETUP AWAL DATA BASE- INPUT TRANSAKSI-PENYAJIAN LAPOAN KEUANGAN

Kamis, 17 Januari 2013

Bank Soal Prinsip Penyelenggaraan Perkantoran - SMK AP

Bingung cari soal latihan? Silakan copas soal-soal berikut ini untuk latihan kamu. Semoga sukses.

1.      Manajemen kantor adalah perencanaan pengorganisasian pengkordinasian dan pengawasan pekerjaan kantor dan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pengertian manajemen kantor ini dikemukakan oleh…
a.       William Spriegel                                  d.The Liang Gie
b.      Arthur Grager                                     e.George R Terry
c.       Edwin Robinson
2.      Memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman merupakan …
a.       Pengertian kantor                                d.Tujuan kantor
b.      Fungsi Kantor                                     e.tata letak kantor
c.       Manfaat kantor
3.      Tata ruang kantor,penerangan/cahaya,ventilasi,perlengkapan perabotan dan lain lain merupakan bagian dari …                             
a.       lokasi kantor                                        d.Pengawasan kantor             
b.      Pengorganisasian kantor                     e.Fasilitas kerja kantor
c.       Perencanaan kantor
4.      Pengaturan berbagai macam fungsi organisasi dengan pelaksana yang melaksanakan fungsi-fungsi organisasi merupakan pengertian dari…
a.       Perencanaan kantor                             d.Pengawasan kantor
b.      Pengorganisasian kantor                     e.Fasilitas kerja kantor
c.       Pengarahan kantor
5.      Berikut yang termasuk unsur administrasi adalah…
a.       Manajemen                                          d.rutin
b.      Analisis                                               e.Observasi
c.       Teknis
6.      Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan harapan atau target merupakan pengertian …
a.       Pengawasan kantor                             d.Perencanaan kantor
b.      Pengarahan kantor                              e.Pengkordinasian kantor
c.       Pengorganisasian kantor
7.      Yang bukan termasuk Sarana dan Fasilitas kerja kantor adalah…
a.       lokasi kantor                                        d.Peralatan
b.      Humas                                                 e.Mesin mesin kantor
c.       Gedung
8.      Istilah administrasi perkantoran dalam kepustakaan luar negeri disebut…
a.       Office planning                                   d. Office organizing
b.      Office administrative                          e. Office work
c.       Office management
9.      Berikut ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu…
a.       Anggaran (budgeting)                         d. Pengorganisasian perkantoran
b.      Waktu perkantoran                             e. Pelayanan kantor
c.       pegawai perkantoran
10.  Ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran. Berikut ini yang termasuk salah satu kegiatan kantor adalah …
a.       Tata usaha                                           d. Analisis perkantoran
b.      Tata hubungan                                     e. Pengawasan perkantoran
c.       Kepegawaian
11.  Administrasi mempunyai 5 fungsi pendukung. Fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mancakup pengarsipan dan penggandaan, merupakan fungsi…
a.       Rutin                                                   d. Teknis
b.      Analisis                                               e. interpersonal
c.       Manajerial

12.  Berikut ini merupakan salah satu prinsip organisasi, kecuali…
a.       Prinsip perumusan tujuan                    d. Prinsip kekuasaan
b.      Prinsip pembagian kerja                      e. Prinsip kesatuan perintah
c.       Prinsip koordinasi
13.  Dalam menjalankan kegiatannya, organisasi dibagi menjadi beberapa unit yang diberi wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas dan akan dimintai pertanggung jawaban
nya, berarti organisasi tersebut menerapkan prinsip…
a.       Kesatuan perintah                               d. Pendelegasian wewenang
b.      Koordinasi                                          e. Rentang organisasi
c.       Pembagian tugas
14.  Karyawan lebih sulit untuk mengembangkan diri, merupakan kekurangan dari bentuk organisasi…
a.       Staf                                                     d. Fungsional dan garis
b.      Fungsional                                           e. Garis/Lini
c.       Garis dan staf
15.  Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah sebagai berikut, kecuali…
a.       Memberikan pelayanan untuk mencapai tujuan organisasi
b.      Menyediakan informasi bagi pimpinan
c.       Menyediakan keterangan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan
d.      Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
e.       Meningkatkan motivasi karyawan
16.  Apa bila seorang pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang untuk memberikan perintah kepada setiap bawahan jika ada hubungannya dengan fungsi pimpinan tersebut. Spesialisasi setiap bawahan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin tetapi sulit untuk melakukan tour of duty,
merupakan bentuk organisasi…
a.       Fungsional                                           d. Fungsional dan garis
b.      Staf                                                     e. Lini
c.       Garis dan staff
17.  Pekerjaan penunjang tugas utama, yang berkaitan dengan pekerjaan dibidang tulis menulis, catat mencatat yang berhungan dengan pekerjaan kertas, maupun pelayanan,
merupkan pengertian dari…
a.       Pekerjaan tulis                                     d. Pekerjaan kertas
b.      Manajemen                                          e. Pekerjaan melayani
c.       Pekerjaan kantor
18.  Salah satu contoh pekerjaan kantor adalah…
a.       Traveling                                             d. Maling
b.      Mailing                                                e. penunjang
c.       Driving
19.  Berikut ini termasuk dalam kegiatan pekerjaan kantor yang dilaksanakan di sekolahan yaitu…
a.       Mengajar siswa                                   d. Mencatat pesanan
b.      Membuat soal-soal ulangan                 e. memeriksa pasien
c.       Memberikan hukuman
20.  Pekerjaan calculating (menghitung) berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh George R. Terry dalam persentase adalah sebesar
a.       6,5 %                                                   d. 12,3 %
b.      8,8 %                                                   e. 19,5 %
c.       10,2 %
21.  Lembaran kartu atau kertas yang mempunyai ukuran tertentu yang dicetak dan di dalamnya terdapat beberapa informasi yang sifatnya tetap dan beberapa informasi yang sifatnya tidak tetap disebut…
a.       Surat                                                    d. arsip                       
b.      Laporan                                               e. warkat
c.       Formulir
22.  Berikut ini yang bukan termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor adalah….
a.       Sistem pencahayaan                            d. Sistem cuaca
b.      Sistem warna                                       e. Sistem udara
c.       Sistem udara
23.  Penggunaan cahaya yang berasal dari sinar matahari, biasannya memanfaatkan dekorasi jendela, kaca, dinding dan cahaya langit yang berpadu adalah jenis pencahayaan…
a.       Task lighting                                       d. Accent lighting
b.      Natural lighting                                   e. Nurani lighting
c.       Ambient lighting
24.  Pemberian warna biru pada dinding kantor memiliki tujuan agar…
a.       Membangkitkan energy                      d. memberikan perasaan tenang,tentram dan sejuk
b.      Mendatangkan energy                                    e. memberi kesan romantis
c.       Member efek energik
25.  Untuk memperoleh karyawan yang handal dan cakap, sebuah perusahaan melaksanakan tahapan-tahapan pengadaan personil sebagai berikut…
a.       Analisis jabatan, rekrutmen, dan seleksi
b.      Pendaftaran, test, pengumuman
c.       Analisis, wawancara, test
d.      Iklan lowongan kerja, pendaftaran
e.       Wawancara, tes tertulis, dan surat panggilan
26.  Suatu proses mencari dan mempengaruhitenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan yang ada dalam perusahaan disebut…
a.       Seleksi                                                 d. analisis jabatan
b.      Bursa kerja                                          e. tenaga kerja
c.       Rekrutmen
27.  Tenaga kerja/karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari dalam perusahaan, yakni dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan yang memenuhi spesifikasi ke suatu bagian tertentu yang kosong atau untuk mengisi tugas baru, merupakan perekrutan karyawan dari sumber…
a.       Eksternal                                             d. iklan
b.      Internal                                                e. surat kabar
c.       outsourcing
28.  Pada sebuah perusahaan, seorang personil kantor harus memenuhi persyaratan yang meliputi beberapa hal berikut ini…
a.       Persyaratan pendidikan, kecantikan dan berpakaian
b.      Persyaratan pengetahuan, keterampilan, kemandirian
c.       Persyaratan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian
d.      Persyaratan ketrampilan dan kebolehan
e.       Persyaratan fisik dan intelektual
29.  Dibawah ini merupakan manfaat dilaksanakannya pelatihan, kecuali…
a.       Dapat meningkatkan kinerja personil/ karyawan kantor
b.      Karyawn dapat berkembang dengan cepat
c.       Karyawan mampu melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
d.      Mampu meningkatkan etos kerja karyawan
e.       Menimbulkan kecemburuan social antar karyawan
30.  Pemindahan karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain yang lebih rendah dalam suatu organisasi sehingga wewenang, tanggung jawab, pendapatan dan statusnyapun lebih rendah disebut…
a.       Promosi                                               d. Mutasi
b.      Demosi                                                e. Rotasi
c.       Demonstrasi
























KUNCI JAWABAN PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN

1.      E                            11. A                           21.C
2.      D                           12. D                           22.D
3.      C                           13. D                           23.B
4.      B                           14. E                            24.D
5.      A                           15. E                            25.A
6.      A                           16. A                           26.C
7.      B                           17. C                           27.B
8.      C                           18. B                           28.C
9.      A                           19. B                           29.E
10.  E                            20. E                            30.B

Soal Manajemen Bisnis SMK -AP

Silakan copas untuk latihan, mohon amaf jika formatnya kurang bagus, lain waktu saya benahi.
1.      Berikut ini adalah cara-cara menulis surat yang baik, kecuali…
a.       Keinginan pembaca diutamakan
b.      Kalimatnya panjang lebar dengan nada tegas
c.       Harus dapat mengutarakan isi pokok surat dengan jelas
d.      Harus dapat mengatur alinea
e.       Sedapat mungkin menghindari kesalahan
2.      Dalam pembuatan laporan, harus memperhatikan ketepatan waktu serta tingkat kejelasan dan kelengkapan isi. Selain itu laporan harus mudah dimengerti, konsisten dan objektif. Hal tersebut merupakan…
a.       Fungsi sebuah laporan
b.      Tujuan pembuatan laporan
c.       Syarat laporan yang baik
d.      Manfaat laporan
e.       Urgensi laporan
3.      Dalam mendistribusikan dokumen misalnya proposal penjualan, undangan, atau surat bisnis lain yang isinya sama, kepada banyak orang(digunakan untuk menuliskan nama dan alamat yang berbeda) dapat menggunakan…
a.       Merge cells                                                      d. Address list
b.      Text wrapping                                                 e. Mail Merge
c.       Page border
4.      Kombinasi dari telepon dan komputer, dimana dengan teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk menjawab panggilan telepon, menyimpan pesan, dan memunculkan kembali pesan dalam bentuk suara merupakan pengertian dari…
a.       Telepon                                                           d. Voice Mail
b.      Pager                                                               e. Presentation Software
c.       Teleconference
5.      Terdapat banyak sekali macam-macam pesawat telepon diantaranya: telepon meja, telepon dinding, dan telepon unit bergerak. Macam-macam pesawat telepon tersebut ditinjau dari…
a.       Tata letaknya                                                   d. Jangkauan penggunaannya
b.      Fungsinya                                                        e. urgensinya
c.       Kegunaanya
6.      Dalam melakukan pembicaraan dalam telepon, ada banyak kriteria berbicara yang menyenangkan diantaranya adalah hal-hal berikut ini, kecuali…
a.       Berbicara dengan kecepatan normal
b.      Berbicara seakan-akan berada di hadapan penelepon
c.       Berbicara dengan nada suara yang tidak tinggi dan keras
d.      Berbicara dengan nada santun, ramah, dan rasa ingin membantu penelepon
e.       Berbicara dengan nada tegas dengan gagang telepon tepat didepan mulut
7.      Sikap dalam pelayanan efektif sebagai seorang penerima telepon harus memperhatikan 7C, yaitu…
a.       Caring, commited, confident, connected, considerate, controlled, creative
b.      Caring, commited, confident, considerate, controlled, creative, contagious
c.       Caring, commited, confident, considerate, controlled, continous, contagious
d.      Caring, commited, confident, considerate, controlled, creative, commintement
e.       Caring, commited, carefuly, considerate, controlled, creative, contagious
8.      Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapkan kekecewaan (marah). Tetap bersikap untuk selalu membantu dalam mengatasi masalah penelepon merupakan salah satu pengertian dari 7C, yaitu…
a.       Controlled                                                                   d. Caring
b.      Contagious                                                                  e. Conciderate
c.       Confident
9.      Berbagai hambatan dapat dijumpai saat melakukan hubungan telepon. Pada dasarnya, hambatan telepon dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu…
a.       Hambatan yang bersifat teknis dan hambatan kondisi lingkungan kerja serta hambatan ekonomi
b.      Hambatan yang bersifat teknis dan hambatan kondisi lingkungan kerja serta hambatan bahasa
c.       Hambatan yang bersifat non teknis dan hambatan kondisi lingkungan kerja serta hambatan bahasa
d.      Hambatan yang bersifat teknis dan hambatan kondisi sosial serta hambatan bahasa
e.       Hambatan yang bersifat teknis dan hambatan kondisi lingkungan kerja serta hambatan kebudayaan
10.  Dibawah ini merupakan cara-cara untuk mengatasi penelepon yang bersikap mencurigakan kecuali…
a.       Bersikap tenang, sabar, hati-hati, namun waspada
b.      Tanyakan dengan sopan: apa keperluannya, dari mana, apakah dapat dibantu
c.       Jangan dihubungkan dengan pimpinan bila yang bersangkutan tidak bersedia mengatakan keperluannya atau menyebutkan identitas diri
d.      Jika penelepon semakin emosi atau bahkan marah. Anda tetap tenang, jangan terpancing emosi untuk marah pula. Katakan bahwa Anda bersedia membantu sebatas kemampuan Anda
e.       Bersikap tegas dan segera memberikan ancaman serta sanksi yang tegas


















KUNCI JAWABAN MANAJEMEN BISNIS

1.      B
2.      C
3.      E
4.      D
5.      A
6.      E
7.      B
8.      A
9.      B
10.  E

Rabu, 16 Januari 2013

Tahajud Sebagai Bekal Dakwah


Oleh H. Imam Nur Suharno M.Pd.I
Dakwah adalah sebuah perjalanan panjang yang takkan pernah sepi dari rintangan dan cobaan. Rintangan dan cobaan dalam berjuang di jalan dakwah adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Ia pasti akan menghampiri para dai, jangan pernah berhenti, karena para nabi dan pengikutnya tak pernah berhenti ataupun melemah karena rintangan dan cobaan.
masjid
Karena itu, para dai dituntut untuk selalu membekali diri dengan menjaga kualitas ruhiyah agar tetap tsabat dalam berdakwah. Ahmad Muarif dalam bukunya ’Keajaiban Shalat Tahajud’ menyatakan, bila ditelusuri, salah satu faktor keberhasilan dakwah Rasulullah SAW adalah kekuatan ruhiyah yang tak pernah lepas dari keterikatan dan kedekatan kepada Allah SWT. Kedekatan dan keterikatan kepada Allah SWT secara nyata dibangun oleh Rasulullah SAW lewat ibadah, terutama ibadah spesial yang diyakini mengandung kekuatan luar biasa bagi yang melaksanakannya. Ibadah itu dikenal dengan shalat Tahajud.

Ternyata, jejak langkah Rasulullah SAW yang demikian itu tak hanya diikuti oleh para sahabat dan pengikut di masanya. Sejarah mencatat para ulama, para dai, shalafusshaleh merupakan orang-orang yang tak lepas pula dari mencontoh Rasulullah SAW dalam melaksanakan Tahajud.
Rasulullah SAW bersabda, ”Hendaklah kalian terus melakukan shalat malam (Tahajud), karena ia merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian, juga menjadi sarana pendekatan diri kepada Rabb kalian, menghapuskan kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR Tirmidzi).
Rasulullah SAW –Sang Dai Agung– tidak pernah melewatkan malam-malamnya tanpa ber-Tahajud, bahkan kaki beliau sampai bengkak-bengkak, saking lamanya beliau berdiri Tahajud. Yang pasti, Tahajud menjadi sumber energi keimanan bagi para penyeru dakwah (dai).
Selain itu, Tahajud juga dapat mendorong para dai meningkatkan produktifitas kinerja dakwah. Rasulullah SAW bersabda, ”Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata: ”Malam masih panjang, maka tidurlah”, jika orang tadi bangun lalu berdzikir kepada Allah SWT, maka terlepas satu ikatan, jika dia berwudhu, maka terlepas satu ikatan yang lainnya, dan jika dia melaksanakan shalat, maka terlepas semua ikatannya. Pada akhirnya dia akan menjadi segar dengan jiwa yang bersih, jika tidak, maka dia akan bangun dengan jiwa yang kotor yang diliputi rasa malas.” (HR Bukhari).
Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengawal kemenangan dakwah, tidak ada kata lain kecuali terus bergerak dan bergerak, menyebar dan menyebar ke tengah-tengah masyarakat. Selain itu, sebagai pengokohan energi keimanan, pengokohan soliditas kader, menjaga produktivitas kinerja dakwah, dan mengharap pertolongan Allah SWT, maka tidak ada kata lain kecuali bangun dan bangun mendirikan shalat Tahajud dan raih hasilnya. Wallahu a’lam.
sumber: http://www.al-intima.com/nasehat/tahajud-sebagai-bekal-dakwah